Header Ads

Manfaatkan Dana Desa untuk Pembangunan TPT


Dana Pembangunan Desa yang diterima Desa Gunungsari rencananya akan digunakan untuk pembanguan Talud Penahan Tanah (TPT) di Dusun Geneng. Talud atau Tembok PenahanTanah (TPT) juga disebut Dinding Penahan Tanah merupakan komponen struktur bangunan penting utama untuk jalan dan bangunan lingkungan lainnya yang berhubungan tanah yang memilki elevasi berbeda.

Suradi Kepala Desa Gunungsari dikonfirmasi kru media ini mengatakan, pihaknya telah mencermati Peraturan Mentri Desa Nomer 5 tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa (DD) sehingga menggandeng tim pelaksana yang telah ditunjuk melalui musyawarah desa. “ Dana Desa yang kami terima digunakan untuk Tembok Penahan Tanah yang akan dibangun di dusun Geneng RT/RW. 03/03 dengan luas 290 m2, podasi 40 cm sedangkan dalamnya 1 meter dari pondasi keatasnya 60 cm.

Sedangkan bibir permukaan 30 cm,”ungkap Suradi Kepala Desa Gunungsari kepada Pro Rakyat, Senin (13/6) dikantornya. “Jadi kedepan warga Desa Gunungsari dapat dengan mudah mengangkut hasil panennya,”tambahnya. Disampaikan Suradi, secara singkat dinding penahan merupakan dinding yang dibangun untuk menahan massa tanah diatas struktur atau bangunan yang dibuat. Bangunan dinding penahan umumnya terbuat dari bahan dari kayu, pasangan batu, beton hingga baja.

Lanjutnya, untuk dapat memperkirakan dan menghitung kestabilan dinding penahan tanah diperlukan menghitung tekanan ke arah sampan (lateral). Karena massa tanah berupa butiran, maka saat menerima tegangan normal baik akibat beban yang diterima tanah maupun akibat berat kolom tanah diatas kedalaman atau duga tanah yang kita tinjau, akan menyebabkan tekanan tanah ke tegak lurus atau kearah samping.

“Dengan diterimanya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut Desa Gunungsari dalam menjalankan pembangunan infrastruktur tentunya tidak lepas peran masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan disesuaikan kebutuhan dana yang ada dalam melaksanakan pembangunan,”tegas Suradi.

Terpisah salah seorang warga Dusun Geneng merasa senag dengan dibangunya TPT. “Jalan yang menghubungkan dusun Genang, Dusun Wening, Dusun Gunungsari dan Dusun Gunung Kendil dapat dilalui dengan kendaraan dan tidak becek lagi,” kata warga ini . Untuk diketahui, sesuai Undang – Undang Republik Indonesia Nomer 06 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan pelaksanaannya sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 43 tahun 2014, Pembangunan Desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyrakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi local, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Desa gunungsari kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi yang terbagi tujuh Dusun diantaranya Dusun Gunung kendil, Dusun Belikwatu, Dusun Geneng, Dusun Gunungsari, Dusun Kedungjangan, Dusun Grenjeng dan Dusun Wening yang masyarakatnya mayoritas buruh tani ini dapat glontoran Dana.

Sumber : ProRakyat.co.id

No comments

Powered by Blogger.